Kadar Hb / Hemoglobin Rendah Dengan Kolesterol Tinggi

Kekurangan kadar Hb atau Hemoglobin (dalam kondisi rendah) ternyata terjadi tidak secara tiba-tiba. Bahkan kondisi ini dipicu oleh berbagai macam penyakit.

Kadar Hb / Hemoglobin Rendah Dengan Kolesterol Tinggi


Dalam keadaan tertentu, dimana pasien kekurangan Hb disebut dengan Anemia. Anemia sendiri merujuk pada kekurangan sel darah merah yang perlu kita ketahui apa penyebabnya, terdapat beberapa penyebab diantaranya adalah :


  • Kehilangan darah, misalnya akibat menstruasi, perdarahan lambung, ambeyen, kecelakaan lalu lintas, dll.
  • Kerusakan sel darah merah, misalnya akibat thalasemia, infeksi, obat-obatan
  • Produksi sel darah merah yang berkurang, misalnya sickle cell anemia, masalah sumsum tulang, anemia defisiensi besi, anemia karena kekurangan vitamin, anemia karena penyakit tertentu (gagal ginjal, kanker, lupus)


Keluhan kedua  yaitu kadar kolesterol yang tinggi. Penyebab umum dari kolesterol tinggi sebenarnya dapat berasal dari pola makan berlebihan, dalam hal ini terutama yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur. Kolesterol tinggi juga dapat diturunkan melalui genetik. Selain itu, semakin tua usia seseorang maka kolesterol LDL (kolesterol jahat) berkecenderungan meningkat terutama pada wanita menopause.

Keterkaitan antara Hb rendah dengan kolesterol tinggi sebenarnya tidak saling berkaitan. Jika Anda dirasa Hb rendah dan kolesterol tinggi makin keluhan makin berat, maka hal yang perlu dilakukan dengan segera yaitu segera menemui dokter untuk berkonsultasi lebih rinci, pemeriksaan fisik dan penunjang selanjutnya sehingga dapat ditegakkan diagnosa pasti yang dialami.

0 Responses to “Kadar Hb / Hemoglobin Rendah Dengan Kolesterol Tinggi”

Posting Komentar